pengertian dan kegunaan proxy

Proxy server adalah program yang menerima permintaan (request)dari klien, seperti browser web atau ftp klien,dan kemudian meneruskan permintaan tersebut ke server internet yang dituju. Salah satu program yang cukup powerfull dalam menangani masalah keterbatasan kecepatan akses dan keamanan data yang dipergunakan untuk menangani keperluan internet adalah SQUID. Bagi seseorang administrator jaringan,merupakan tugas utama untuk mengatur lau-lintas data dalam suatu jaringan baik dari dalam maupun keluar jaringan. Squid merupakan pilihan terbaik untuk membangun proxy server karena selain handal juga gratis dan mendukung fitur ICP.
Melalui proxy server,seolah-olah klien merasaberinteraksi secara langsung dengan server internet yang dituju.Kenyataannya,sebelum data atau permintaannya disampaikan ke tujuan, data tersebut diarahkan terlebih dahulu ke server proxy,kemudian server proxy akan meneruskan ke server yang dituju,yaitu internet.

Kelebihan menggunakan Proxy server

Kelebihan Operating System yang menggunakan proxy adalah data yang diminta dari klien akan diarahkan ke server proxy kemudian dilanjutkan ke server internet.Pada saat data dari server datang,data tersebut akan diarahkan oleh server internet ke server proxy kemudian server proxy meneruskan data tsb ke klien yg memintanya.

Disamping memberikan data ke klien,server proxy juga menyimpan salinan data itu sebagai webcache di hardisk.Apabila ada user lain yg meminta data yg sama,maka server proxy akan mengambil data tersebut dari hardisknya tanpa harus melakukan koneksi ke server internetyg menyediakan data tsb. Kalau permintaan yg sama dilakukan oleh user berkali-kali tentu akan mempengaruhi kecepatan akses internet secara signifikan.

fungsi proxy juga sebagai caching
Dengan menyimpan halaman tersebut pada server lokal, proxy dapat menghilangkan akses Internet yang berlebih untuk mengambil kembali halaman yang sama berulang-ulang. Jadi, proxy mula-mula sangat efektif untuk web caching. Namun, Internet sekarang sudah cepat, halaman web bersifat dinamis dan kepentingan user di dalam satu organisasi hanya terdiri dari ratusan halaman web. Faktor-faktor ini menyebabkan caching proxy menjadi tidak efektif, kecuali pada organisasi yang sangat besar atau ISP. Meskipun semua browser standar mempunyai dukungan terhadap proxy server, sejak 1996 jarang digunakan.

Proxy saling berhubungan dengan HTTP
Banyak alternatif layanan proxy, mulai dari fungsi filter pada Application layer untuk firewall seperti Checkpoint Firewall-1, sampai aplikasi umum yang murni “hanya proxy” seperti WinGate dan proxy satu layanan seperti Jigsaw untuk HTTP.

Proxy server sering kali dihubungkan dengan layanan HTTP karena proxy kali pertama dikembangkan untuk layanan ini. Sejak saat itu, fungsi proxy telah diaplikasikan ke layanan Internet lain yang paling umum. Contoh pada artikel ini akan menggunakan layanan HTTP, tetapi fungsionalitas pada umumnya sama dengan layanan yang lain.

Bagaimana Cara Kerja Proxy?
Proxy bekerja dengan mendengarkan request dari client internal dan mengirim request tersebut ke jaringan eksternal seolah-olah proxy server itu sendiri yang menjadi client. Pada waktu proxy server menerima respon dan server publik, ia memberikan respon tersebut ke client yang asli seolah-olah ia public server.

tingkat keamanan proxy ????
Internet yang sekarang juga mempunyai cirinya sendiri, dan proxy server menunjukkan efek samping yang sungguh tak terduga: mereka dapat menyembunyikan semua user di belakang satu mesin, mereka dapat memfilter URL, dan mereka dapat membuang content yang mencurigakan atau ilegal. Jadi meskipun mula-mula dibuat sebagai cache nonsekuriti, tujuan utama proxy server sekarang menjadi firewalling.

Proxy server memperbarui request layanan pada jaringan eksternal atas nama client mereka pada jaringan private. Ini secara otomatis menyembunyikan identitas dan jumlah client pada jaringan internal dari jaringan eksternal. Karena posisi mereka di antara client internal dan server publik, proxy juga dapat menyimpan content yang sering diakses dari jaringan publik untuk mengurangi akses ke jaringan publik tersebut. Kebanyakan implementasi nyata proxy sekuriti meliputi pemilteran paket dan Network Address Translation untuk membangun firewall yang utuh. Teknologi tersebut dapat digabungkan dengan proxy untuk menghilangkan serangan yang terhadapnya proxy rentan.

untuk itu kita perlu melakukan transparansi ip proxy bagi ada yang memiliki proxy server.

Proxy Tidak Melindungi Jaringan lokal
Proxy server berdasarkan pada web server dan seperti web server, mereka beroperasi pada Application Layer—di atas Network dan Transport Layer. Ini berarti mereka tidak melakukan apa-apa selain memfilter paket TCP/IP yang tiba di server, dan mereka tidak mencampuri layanan Application Layer yang lain seperti file sharing atau remote procedure call.

Hal ini membuat komputer terbuka terhadap hacking, kecuali jika Anda mengambil langkah lain untuk mengamankan komputer. Walaupun kebanyakan operating system modern mendukung pemilteran paket, tetapi filter mereka tidak sekuat firewall sungguhan. Yang perlu Anda pastikan adalah hanya port publik untuk layanan yang Anda proxy yang dibuka.

Beberapa pakar keamanan menganjurkan, supaya menjalankan layanan sedikit mungkin pada firewall dan memisahkan fungsi proxy pada mesin terpisah dengan asumsi bahwa filter harus sesederhana mungkin supaya tidak dieksploitasi. Masalahnya adalah bahwa eksploitasi dapat muncul pada berbagai level, dan jika Anda membuat proxy server di belakang filter, hacker akan ada di belakang filter jika ia mengeksploitasi proxy. Dengan menggunakan firewall yang terintegrasi dengan proxy server, filter masih dapat melindungi jaringan bahkan jika layanan proxy dieksploitasi.

Masalah Proxy Terhadap Kinerja
Proxy server mempunyai satu kekurangan pada kinerja, yaitu proxy server membuat bottleneck. Seperti firewall atau router, satu koneksi proxy server ke Internet dapat membuat bottleneck jika tidak di-upgrade ketika jumlah user jaringan bertambah. Walaupun proxy awalnya meningkatkan kinerja melalui mekanisme caching, Anda akan membuat semua orang menunggu di belakang mesin yang lambat jika Anda mendapatkan lebih banyak klien dari yang dapat didukung oleh server.

Namun, hati-hati dalam menyalahkan proxy Anda jika terjadi bottleneck yang sebenarnya disebabkan oleh jalur Internet yang lambat. Jika Anda hanya mempunyai satu koneksi Internet, dan itu adalah T1 (1,5 MB) atau yang lebih lambat, semua komputer yang betul-betul memenuhi kebutuhan minimum operating system dan proxy server sudah cukup cepat dalam menangani beban yang ada. Bottleneck proxy hanya dapat terjadi bila  koneksi jaringan lebih cepat dari 1,5 MB/s atau pada waktu ada yang salah dengan proxy server.

Masalah ini mudah diatasi dengan menambah lebih banyak proxy server. Tidak seperti situs web atau server publik, proxy server todal perlu mempunyai konfigurasi yang persis sama dengan mesin yang lain. Anda dapat menghubungkan secara langsung berapa pun proxy server yang Anda inginkan ke koneksi jaringan eksternal dan memberikan masing-masing klien di dalam jaringan Anda ke salah salah proxy server.

Sebagai contoh, jika Anda mempunyai empat proxy server, hubungkan tiap klien keempat ke proxy server yang sama. Anda akan kehilangan beberapa manfaat caching karena client pada proxy berbeda yang mengakses suatu situs tidak akan membuat situs itu tersedia untuk proxy yang lain.

Anda dapat menggunakan software yang canggih dan TCP/IP load balancing untuk menangani koneksi ke beberapa proxy, tetapi itu membutuhkan biaya yang patut dipertimbangkan dan tidaklah jauh efisien. Namun, ini menyediakan redundansi proxy, karena jika tidak user dapat kehilangan layanan jika proxy mereka mati.

Explicit vs Transparent Proxy
Kebanyakan proxy, terutama proxy HTTP, butuh supaya software client dikonfigurasi secara eksplisit untuk menggunakan proxy server dalam mengakses data (seperti halaman web) dari jaringan luar. Ini berarti bukan hanya setiap web browser, FTP client, atau aplikasi videophone yang harus bisa menggunakan proxy server (banyak yang tidak, karena telah diprogram dengan asumsi ada akses bebas ke Internet), tetapi juga system administrator harus mengonfigurasi semua aplikasi pada komputer client dalam jaringan supaya menggunakan proxy atau mengajari user bagaimana melakukannya.

Masalah konfigurasi tidak menjadi beban bagi network administrator karena web browser modern mempunyai kemampuan untuk mendeteksi setting proxy pada jaringan secara otomatis. Namun software client lain, seperti FTP atau Net2phone, tidak diprogram untuk melakukan itu. Walaupun fitur tersebut menguntungkan network administrator, ada cara lebih baik bagi protokol lain juga dan tidak perlu mengonfigurasi atau mengubah software client jaringan—transparent proxy.

Transparent proxy Mengganti Aturan
Semua firewall modern dapat mengalihkan request yang datang ke port atau komputer tertentu atau komputer interior tertentu yang akan memenuhi request tersebut (seperti  web server pada jaringan interior yang diproteksi oleh firewall). Dengan cara yang sama, firewall dapat menginterupsi dan mengalihkan traffic outgoing ke komputer tertentu, seperti proxy server untuk request web. Komputer client tidak perlu tahu bahwa traffic diinterupsi karena firewall dapat mengalihkan respon proxy server ke client yang meminta seolah-olah tidak ada apapun yang terjadi (menggunakan mekanisme Network Address Translation yang sekarang tersebar luas). Anda dapat menemukan di Internet instruksi untuk menggunakan fitur firewall oada BSD atau Linux bersama dengan paket proxy seperti Jigsaw.

Gunakan Firewalll Sungguhan
Hal paling penting yang dapat dilakukan untuk melindungi diri Anda sendiri adalah dengan menggunakan fungsi proxy pada firewall sungguhan atau menaruh firewall di depan proxy server Anda untuk melindunginya. Tidak ada alasan mengapa proxy server harus terhubung langsung ke jaringan eksternal kecuali jika proxy digunakan untuk reverse proxy load balancing suatu situs web.

Matikan Routing
Jika Anda menggunakan proxy sebagai pelindung utama terhadap hacker, pastikan untuk mematikan routing melalui proxy. Jika Anda menyalakan routing melalui proxy, proxy tidak akan melakukan fungsi sekuriti secara signifikan karena client Anda semua akan dapat dilihat dari Internet. Fitur penyembunyian client pada proxy menggandalkan penonaktifan routing untuk mencegah sejumlah serangan protokol low-level.

Biasanya routing pada proxy dimatikan, tetapi kadang-kadang Anda membutukan suatu layanan atau protokol yang tidak mempunyai layanan proxy khusus atau tidak dapat di-proxy. Jangan tergoda dengan begitu saja menyalakan routing. Jika layanan yang Anda butuhkan tidak dapat diproxy, gunakan Network Address Translation. Jika layanan tersebut tidak dapat ditranslasi maupun di-proxy, jangan gunakan sama sekali.

Amankan Dasar Operating System
Mengamankan dasar operating system sangat penting dalam menggunakan proxy secara efektif sebagai perangkat pengaman. Jika hacker tidak dapat mengeksploitasi server di mana proxy berjalan, mereka tidak dapat mengganti setting sekuriti proxy untuk melewatinya.

Ini merupakan hal yang penting terutama dalam lingkungan Unix dan Windows. Kedua operating system ini terkenal rentan terhadap hacking, sehingga proxy yang berjalan pada
mereka juga sama rentannya.

Gunakan izin sekuriti yang kuat dan juga pemilteran port dan protokol pada operating  system untuk memastikan proxy server hanya melayani protokol yang diinginkan. Cari tahu informasi hacking terakhir untuk operating system Anda dan pastikan untuk menggunakan patch dan hot fix pada server sekuriti eksternal begitu mereka dikeluarkan. Lebih penting bagi server publik untuk aman daripada stabil. Crash yang terjadi pada waktu menggunakan path atau hotfix yang belum diuji hanya menyebabkan hilangnya layanan secara sementara—tidak menyebabkan bobolnya keamanan.

Matikan Akses Eksternal
Jangan pernah izinkan client jaringan eksternal untuk ter-proxy melalui server Anda, walaupun jika hal ini terlihat masuk akal bagi remote user. Dengan memberikan akses eksternal ke proxy server, itu memungkinkan hacker untuk mengeksploitasi proxy server
Anda untuk menutupi koneksi IP mereka dan membuatnya tampak seolah-olah proxy server Anda yang melakukan serangan. Ini dapat membuat Anda bertanggung jawab atas kerusakan yang mereka lakukan.

Matikan Akses yang tidak dibutuhkan
Jangan jalankan semua layanan publik pada mesin yang sama dengan proxy server. Aturan umum ini penting, terutama pada waktu menggunakan mekanisme sekuriti seperti proxy server. Jika layanan seperti FTP atau SMTP memungkinkan hacker untuk mengakses proxy server, hacker tersebut dapat mematikan setting sekuriti proxy server untuk mendapatkan akses lebih lanjut ke jaringan Anda. Namun jika layanan ini terbagi ke beberapa mesin, serangan khusus FTP hanya akan memberikan akses ke FTP server,
bukan seluruh jaringan.

Fungsi proxy server di buat untuk kejahatan

Para Booter seringkali menyerang atau melumpuhkan koneksi yahoo messenger seseorang tidak hanya melalui satu cara saja semisal PM Bomb. PM Bomb memang merupakan jenis Bot yang paling sering digunakan oleh para Booter terutama yang pemula. PM Bomb jika berhasil atau lawan tidak memiliki pertahanan memang sangat menyebalkan karena tampilan dimonitor yang dipenuhi dengan windows PM Bomb ini. Akan tetapi sebenarnya jenis PM Bomb bukan merupakan jenis bot yang mumpuni atau memiliki efektifitas mendiskonekkan seseorang yang bagus. Memang jika digunakan dengan 1000 ID atau lebih hal tersebut bisa sangat berguna akan tetapi jika hanya puluhan atau ratusan efektifitas untuk penyerangan tidaklah bisa terjamin, terutama jika pihak yang diserang memiliki koneksitas yang besar. Beberapa jenis Bot semisal invite game lebih cepat dan mumpuni menyerang target dibandingakan dengan PM Bomb.

Nah, jika ID Bot yang anda gunakan lebih dari 1000 atau cukup banyak, tidak menutup kemungkinan anda sendiri yang bisa terdiskonekkan atau bahkan karena ini bisa membuat server yahoo sedikit curiga, IP anda bisa saja dibann (atau dilarang) sehingga setiap anda ingin memasuki server yahoo anda ditolak oleh mereka. Untuk menghindari hal ini atau untuk mengatasi hal ini anda bisa menggunakan Proxy Server. Dengan Proxy Server anda bisa dengan nyaman melakukan kegiatan booting tanpa takut di bann oleh Om Yahoo atau sering diskonek, karena IP anda tidak terbaca secara langsung oleh Om Yahoo. Untuk Proxy server yang lumayan bagus dan tidak gratisan (lebih baik anonimous proxy), koneksitas anda bisa menjadi lebih baik dalam mengirimkan serangan, akan tetapi seringkali proxy yang tidak cukup baik malah akan membuat kerja koneksi anda tersendat-sendat (terutama yang gratisan)

Disamping untuk keperluan ini anda bisa menggunakan Proxy server untuk proses load web atau download file secara lebih baik. Akan tetapi beberapa web memang tidak mengijinkan penggunaan proxy karena web tersebut meminta konfirmasi IP seseoarang untuk mengakses webnya (terutama yang anonimous). Bagi para pengguna dunia maya mungkin penggunaan proxy server bukanlah hal yang asing lagi. Namun ada beberapa hal yang perlu diketahui oleh para pemula mengenai proxy server.

Proxy server sebenarnya bekerja seperti tangan kedua (atau perantara) antara komputer kita dengan sumber internet yang ingin kita akses. Jika kita main di yahoo messenger berarti sumber internetnya adalah server yahoo messenger itu sendiri. Data atau byte file yang masuk dari sumber internet asli semisal om yahoo masuk ke proxy server terlebih dahulu dan diolah sedemikian rupa di dalam database yang disebut “cache” sebelum kemudian ditransfer ke komputer kita. Seringkali proxy server sudah memiliki informasi yang ingin kita peroleh sehingga dia bisa langsung memberikan ke pada kita tanpa melalui proses pengambilan dari sumber aslinya. Keunggulan proxy adalah stabilitas dan kecepatan transfer serta keamanan dan privasi yang diberikan. Kekurangannya, jika tidak beruntung transfernya malah terputus-putus dan lambat terutama jika anda menggunakan public proxy server.

Jangan di salah gunakan hanya untuk pengetahuan dan pencegahan

About these ads

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Berikan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.